Usaha kayu sengon melalui semai benih sengon dan bibit sengon

image

?Sengon mempunyai musim berbuah sepanjang tahun, produksi pada bulan Juni dan Desember. Untuk memperoleh hasil dan mutu tegakan yang baik perlu diupayakan pemakaian bibit yang baik dari persemaian.

1. Pengadaan Benih
Sengon mulai berbuah pada umur 3 tahun dan buah yang baik berasal dari tanaman yang berumur lebih dari 8 tahun, pengunduhan dilakukan jika buah sudah masak. Banyak biji per Kg. 40.000 – 55.000 biji atau per liter 36.000 biji.

2. Penaburan Benih
Sebelum benih ditabur terlebih dulu direndam dalam air yang mendidih selama lebih kurang 5 menit sebanyak 4 kali volume benih, perendaman dimaksudkan untuk mempercepat perkecambahan, setelah benih direndam kemudian ditiriskan dan direndam lagi dengan air dingin.
Penaburan benih dapat digunakan bak penaburan sesuai keperluan, untuk bak yang ukurannya 5 X 1 m diperlukan benih 120 gram. Biji ditaburkan pada larikan dengan dalam lebih kurang 1 cm dengan jarak 5 cm. Biji dapat juga langsung disemaikan dalam polybag.

3. Penyapihan
Benih mulai berkecambah pada hari ke 4 setelah penaburan. Pada umur 10-14 hari setelah tumbuh benih sudah dapat dipindahkan kedalam kantong plastik dengan ukuran 10 x 15 cm yang telah diisi media.
Media yang digunakan : Tanah, pasir, kompos dengan perbandingan : 7 : 2 : 1.
Bibit telah dapat ditanam di lapangan setelah berumur tiga bulan dipersemaian dengan ukuran tinggi tanaman 40 cm.

Untuk bibit yang berada di bedeng penyapihan lebih dari 3 bulan dapat dibuat stump dengan ukuran panjang bagian batang 5-20 cm, panjang bagian akar 20 cm diameter batang 0,5 – 2,5 cm.

4. Pemeliharaan
Selama bibit dipersemaian perlu dilakukan penyiraman 2-3 kali sehari bila cuaca sangat panas dan berangin. Pemupukan pertama dengan TSP dilakukan sewaktu mencampur media tumbuh dengan dosis 1 gram setiap kantong.
Pemberantasan hama penyakit yang menyerang bibit pada saat persemaian adalah Tikus, Belalang, Dumping Off dll. Untuk mencegah perlu selalu dijaga kebersihan di sekitar persemaian, dan dapat dilakukan penyemprotan dengan pestisida.

5. Manfaat yang di peroleh
Dapat digunakan sebagai kayu perkakas rumah tangga, bangunan, peti dan sebagai bahan kertas.
Mudah ditanam dan cepat tumbuh.
Dapat dikembangkan sebagai Hutan Rakyat.
Mendapat keuntungan ratusan juta pada masa panen.

Investasi budidaya kayu sengon albasia solomon sangat menguntungkan saat ini, karena pertumbuhan tanaman sengon solomon yang sangat cepat dengan perawatan yang sangat mudah.  Perputaran dalam bisnis investasi anda dijamin akan cepat berkembang.

Kami sengonalbasia.com, mengajak untuk kerjasama investasi usaha budidaya kayu sengon dengan pola bagi hasil 70%Mitra Usaha dan 30% kami selaku pengelola.
Adapun kerjasama investasi budidaya kayu sengon solomon yang kami tawarkan, mulai dari 6juta untuk 100 pohon sengon solomon dan kelipatannya.

Lokasi Kebun      : Desa Pelang Kidul, Kecamatan Kedunggalar, Kab.Ngawi, Jawa Timur.
Jml Sengon        : 200 pohon sengon solomon.
Biaya Investasi   : 10,3 Juta.

Asumsi Keuntungan untuk 200 pohon :
- 5 tahun kemudian panen: Rp. 90.000.000,-
- Profit yang di dapat :
Rp. 90.000.000,- x 70% = Rp. 63.000.000,-

Untuk info selengkapanya bisa kontak kami atau download proposal di http://sengonalbasia.com

Regards,
Dwi
0813.2023.1099

~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_
Hutan Rakyat Sengon Albasia
Website: http://sengonalbasia[dot]com
E-Mail: admin[at]sengonalbasia[dot]com
YM : dwiagrobis
~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_~_

Sengonalbasia.com posted from WordPress for Android

This site is protected by WP-CopyRightPro